Bahaya Kekurangan Serat Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Kekurangan Serat Bagi Kesehatan Tubuh – Serat punya peran penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan jika seseorang kekurangan serat dapat mendatangkan aneka macam gangguan kesehatan dan risiko terkena penyakit tertentu juga akan meningkat.Oleh karena itu pastikan tubuh cukup menerima asupan serat tiap hari agar terhindar dari masalah kesehatan yang di sebabkan karena kekurangan serat.

Bila seseorang kekurangan serat, orang tersebut juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah yang dampaknya tentu tubuh menjadi rentan sakit sakitan.

bahaya kekurangan serat bagi kesehatan tubuh

Kurang lebih ada sebanyak 70% sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh letaknya ada di saluran pencernaan. Supaya sistem kekebalan tubuh serta sistem pencernaan di dalam tubuh mampu bekerja dengan baik, maka tubuh harus tercukupi kebutuhan serat. Lalu apa bahaya kekurangan serat bagi kesehatan tubuh? Jika tubuh kekurangan serat maka akan berisiko terkena beberapa penyakit yang wajib di waspadai yaitu.

 

1.Mengalami Sembelit

Gejala seseorang mengalami sembelit umumnya bisa di ketahui seperti  tinja keras, kering, dan hingga susah BAB. Untuk mencegah agar tidak mengalami sembelit maka cukupilah kebutuhan serat harian dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, minum air putih yang cukup serta olahraga supaya BAB lancar tiap hari.

2.Gula darah tidak stabil

Apabila kekurangan serat tiap hari bisa saja para penderita diabetes sulit untuk mengendalikan gula darah. Buat penderita diabetes sangat di sarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika ingin mengganti jenis makanan atau pola makan.

3.Kenaikan pada berat badan

Jika Anda sedang dalam program diet menurunkan berat badan, perbanyaklah asupan serat karena serat dapat memberi rasa kenyang lebih lama . Sedangkan bagi seseorang yang kekurangan serat bisa membuat berat badan akan bertambah karena mengkonsumsi makanan yang melebihi aturan yang di butuhkan tubuh.

4.Gampang lelah

Jika Anda mudah lelah bisa saja hal tersebut karena kekurangan serat. Atau apabila Anda mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan tinggi protein tanpa diimbangi dengan konsumsi serat yang cukup, hal ini bisa menyebabkan Anda merasa lelah dan mual.

5.Peningkatan kadar kolesterol

Salah satu manfaat serat adalah dapat mengurangi penyerapan kolesterol berlebihan dalam usus, sehingga tubuh lalu membuangnya. Jika tubuh kekurangan serat ada kemungkinan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

6.Risiko penyakit jantung

Pada beberapa penelitian telah mengungkap bahwa seseorang yang cukup mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan serat cenderung memiliki risiko yang lebih rendah terserang penyakit jantung koroner.

7.Komplikasi jangka panjang pada diabetes

Bagi orang yang menderita sakit diabetes, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dapat membantu kadar gula darah lebih terkendali serta dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes dalam jangka panjang. Sedangkan buat orang bukan penderita diabetes, mengkonsumsi makanan yang kayakandungan serat dapat mencegah terkena penyakit ini.

Untuk di ketahui bawah kebutuhan serat pada pria dan wanita berbeda. Kebutuhan serat harian untuk pria berkisar antara 30-38 gram sehari. Sedangkan kebutuhan serat harian untuk wanita dengan usia antara 18 – 50 tahun, serat harian yang di butuhkan sekitar 25 gram.

Demi alasan kesehatan, selalu cukupi kebutuhan serat harian dengan mengkonsumi makanan yang kaya akan kandungan serat seperti kacang kacangan, gandum utuh, buah, sayuran berdaun hijau dll.

 

CaraBaruku.Com © 2015 . counter