Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Secara Drastis Saat Hamil

Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Secara Drastis Saat Hamil РPerubahan yang umum dialami oleh perempuan pada saat masa kehamilan adalah bertambahnya berat badan secara drastis. Kenaikan berat badan saat mengandung memang tidak bisa dihindari oleh ibu ibu yang sedang hamil. Lonjakan berat badan ini disebabkan oleh faktor asupan makan yang berlebihan.  Yang demikian ini sebenarnya juga tidak salah karena ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi buat  janin yang ada di dalam kandungannya.

Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Secara Drastis Saat Hamil

Kenaikan berat badan ini ada yang masih dianggap normal dan tidak. Sebagai indikator apakah kenaikan berat badan ibu hamil masih tergolong normal atau tidak. Caranya adalah dengan melihat Indeks Massa Tubuh (BMI). Apabila BMI sudah pada angka 30, hal tersebut menunjukkan ada kenaikan berat badan yang berlebihan.

Apakah ada pengaruhnya jika berat badan melonjak secara pesat pada saat masa kehamilan?

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Obstetrics & Gynecology telah menemukan bahwa ibu hamil yang berat badannya naik secara signifikan hingga pada kelebihan berat badan mencapai 50 persen dari berat normal lebih mungkin terkena diabetes gestational.

Lalu, adakah cara menurunkan berat badan yang aman?

Seperti yang dilansir oleh Baby Center, ada himbauan buat ibu hamil agar memiliki catatan harian yang bisa digunakan untuk mencatat semua makanan yang dikonsumsi. Catatan harian tersebut, nantinya diserahkan kepada dokter setiap satu minggu sekali untuk di evaluasi.

Untuk olahraga, ibu hamil tentu saja tidak boleh melakukan aktivitas yang berat dan aktivitas yang menguras tenaga. Olahraga yang dilakukan saat hamil adalah senam kehamilan atau renang.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter