Bahaya Obestitas Bisa Menyebabkan Kelainan Jantung

Bahaya Obestitas Bisa Menyebabkan Kelainan Jantung РAkhir akhir ini obesitas sering di perbincangkan di dunia kesehatan karena bisa menimbulkan masalah besar bagi kesehatan. Obesitas bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah jantung koroner.  Obesitas adalah kondisi menumpuknya lemak pada tubuh di luar batas wajar. Kalau merujuk pada standar Organisasi Kesehatan Dunia, jika indeks massa tubuh (BMI) sudah melampaui angka 30 sudah masuk dalam kategori obesitas.

bahaya obesitas bagi jantung

Ada dua hal yang menjadi penyebab utama obesitas yaitu pola makan yang buruk, dan kurangnya gerak. Mengalami obesitas bisa menyebabkan perubahan struktural pada mekanisme tubuh, terutama dibagian otot jantung.

“Obesitas membuat dinding otot jantung menebal sehingga terjadi perubahan fungsi jantung dalam melakukan pompa jantung atau dalam pengisian jantung,” demikian seperti yang dikatakan oleh¬† Dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA yang menjabat sebagai ketua panitia Hari Jantung Sedunia PERKI dalam acara konfrensi pers Waspadai Obesitas Sebabkan Risiko Pelebaran dan Penebalan Jantung.

Kelainan pada jantung yang disebabkan oleh obesitas bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh seperti cepat merasa lelah, mengalami sesak napas, hingga dada yang terasa berat.

Sesak napas bisa terjadi kalau ada organ penting yang bermasalah, seperti paru-paru, jantung, jaringan otot, dan tulang. Akan tetapi, bisa juga hanya keluhan subyektif saja.

Apabila mengalami beberapa keluhan seperti diatas, segera lakukan pemeriksaan lanjutan karena belum tentu yang menjadi penyebabnya adalah jantung, melainkan bisa juga hal lain seperti tekanan darah meningkat.

Tubuh orang obesitas butuh darah yang lebih banyak untuk dipompa. Jantung akan membesar agar dapat mengalirkan darah lebih banyakpada setiap detakannya. Peningkatan darah tersebut bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Ruang jantung yang membesar bisa mengakibatkan kemampuan meremas berkurang. Jika ini terjadi, jantung tidak bisa mengeluarkan darah disetiap detakannya dan hal ini bisa membuat darah mulai menggenang di jantung sehingga akan meingkatkan risiko gagal jantung kongesif.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter