Makanan Yang Berserat Cegah Resiko Kanker Payudara

Makanan Yang Berserat Cegah Resiko Kanker Payudara – Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh seperti untuk kesehatan pencernaan sehingga BAB jadi lancar. Tidak hanya baik untuk pencernaan saja, ternyata makanan yang kaya akan kandungan serat juga dapat mencegah terserang berbagai penyakit penyakit berbahaya, salah satunya adalah dapat mencegah resiko terkena kanker payudara pada wanita.

Makanan Berserat Cegah Kanker Payudara

Hal ini berdasarkan hasil dari temuan para peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health, Boston, Amerika Serikat bahwa kalangan peneliti tersebut telah menemukan kalau kanker payudara bisa dicegah sejak dini dengan memperbanyak makanan yang berserat tinggi.

Hasil penemuan tersebut setelah di lakukannya analias dengan melibatkan banyak wanita yang mengisi kuesioner terkait jenis makanan apa saja yang telah mereka konsumsi sejak tahun 1991.

Seperti dilansir dari EurekAlert,  Maryam Farvid, orang yang bertindak sebagai peneliti utama menyebutkan kalau dirinya bersama peneliti lain telah melakukan analisa dara dari 90.534 wanita dengan usia antara  27 hingga 44 tahun. Para wanita tersebut telah berpartisipasi dalam Nurses Health Study II. Dari data itu, terdapat aneka jenis makanan yang di konsumsi oleh mereka yang di mulai pada 1991 dan tetap berlanjut hingga empat tahun kemudian.

Kemudian pada tahun 1998, mereka juga telah mengisi kuesioner tentang diet yang sudah mereka lakukan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Selain berdasarkan dari jenis makanan, Farvid juga menambahkan kalau data mereka juga dibarengi dengan data-data lainnya, seperti melihat dari ras mereka, tentang riwayat kanker payudara keluarga, terkait dengan indeks massa tubuh, pada perubahan berat badan dari waktu ke waktu, sejarah menstruasi, apakah ada penggunaan alkohol, serta faktor-faktor diet lainnya.

Setelah semuanya di analisa, akhirnya dapat kesimpulan bahwa risiko kanker payudara bisa berkurang antara 12 hingga 19 % pada masa awal wanita menginjak remaja, kalau mereka mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi.

Jika pada masa remaja, mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 16 %. Akan menjadi lebih tinggi lagi hingga 24 % penurunan risiko kanker payudara buati wanita sebelum menopause.

Fervid juga menambahkan bahwa jenis makanan yang berserat tinggi bisa di dapatkan dari buah dan serat nabati.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter