Tips Agar Aman Berkendara Di Musim Hujan

Tips Agar Aman Berkendara Di Musim Hujan – Pada saat mengendarai kendaraan, keselamatan adalah paling utama. Sekarang ini, di Indonesia sudah memasuki musim hujan sehingga ketika berkendara di jalan harus lebih berhati hati agar tidak terjadi kecelakaan. Maka, selalu waspadai dengan kondisi jalanan yang Anda lewati di musim penghujan ini.

Mengemudi Aman di Musim Hujan

Buat Anda pengendara mobil, ada beberapa tips aman agar selama mengendarai mobil di jalanan tetap aman.  Simak beberapa tips di bawah ini :

Jika sedang hujan, jangan memacu mobil Anda terlalu kencang. Kurangi kecepatan saat menyetir mobil dan pastikan selalu jaga jarak dengan sesama pengendara lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memaksimalkan sistem pengereman. Ketika kondisi jalanan sedang basah, Anda perlu waktu yang relatif lebih banyak jika ingin melakukan pengereman karena kondisi aspal  lebih licin di banding ketika jalanan dalam keadaan kering.

Jika dalam kondisi biasa, mungkin Anda butuh waktu hanya selama 3 detik saja untuk melakukan pengereman. Sedangkan dalam kondisi aspal basah Anda akan butuh waktu sekitar 5 detik jika ingin mengerem. Pada saat mengerem di jalanan yang basah, mobil yang Anda kendarai masih bisa melaju beberapa meter lagi karena traksi yang berkurang.

Bila cara berkendaranya sama seperti ketika sedang musim kemarau, maka bisa sangat membahayakan sekali, karena mobil Anda bisa menabrak mobil yang ada di depannya.

Bukan cuma itu saja, bagi pengendara mobil manual atau matik, ketika kondisi hujan sebaiknya diusahakan agar jangan menembus RPM lebih dari 5.000. Usahakanlah untuk mengurangi hingga 20 % atau 30 % dari biasanya, karena, ketika RPM tinggi mobil yang Anda kendarai akan sulit untuk dikendalikan.

Lebih baik sesuaikan saja dengan kecepatan, misalnya secara konstan di 3.000 rpm atau paling tinggi 4.500, karena jika terjadi selip akan membahayakan diri sendiri dan bisa membahayakan pengendara lainnya.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter