Efek Jika Mesin Motor Jarang Dipanaskan

Efek Jika Mesin Motor Jarang Dipanaskan – Banyak yang menganjurkan bahwa dengan memanaskan mesin motor tiap hari bisa membuat performa mesin motor tetap bagus dan prima. Lalu, apa dampaknya jika mesin motor jarang di panasi? Meskipun pemilik motor tidak ada rencana untuk mengendarai motor, sebaiknya diusahakan agar tiap hari selalu memanaskan mesin motornya.

memanaskan motor

ilustrasi

Pasalnya, performa mesin motor bisa menurun jika terlalu lama didiamkan saja tanpa distarter, hal ini dipicu akibat tercampurnya oli dengan air.

Jika motor di diamkan saja dalam kurun waktu yang lama, maka udara yang membawa uap air bisa masuk lewat ventilasi mesin. Dan pada waktu pagi hari, uap air tersebut nantinya akan mengembun, selanjutnya bisa bercampur dengan oli.

Apabila oli sudah bercampur dengan air, maka bisa menyebabkan karat pada mesin motor. Selain itu, kemampuan oli sebagai pelumas mesin nantinya juga akan berkurang, sehingga hal ini akan berpengaruh pada performa mesin menjadi menurun, bahkan lebih parah lagi bisa menjadi penyebab mesin menjadi rusak.

Oli dalam keadaan sudah terkontaminasi dengan air akan menjadi lebih kental. Inilah alasannya mengapa mesin sebaiknya tidak boleh didiamkan terlalu lama dan harus selalu distarter, agar selalu ada sirkulasi sehingga olinya bisa naik dan dapat melindungi komponen mesin dari masalah karat. Disamping itu juga supaya uap air yang ada di mesin nantinya dapat menguap lagi karena panas.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter