Ini Bahayanya Jika Memiliki Badan Terlalu Kurus

Ini Bahayanya Jika Memiliki Badan Terlalu Kurus – Orang dengan obesitas atau memiliki badan yang kegemukan dianggap lebih rentan mengalami risiko gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi serta mengalami sleep apnea (jeda nafas pada waktu tidur). Karena alasan kesehatan inilah orang obesitas ingin menurunkan berat badannya.

Masalah gangguan kesehatan sebenarnya tidak hanya buat orang obesitas saja melainkan juga bagi mereka yang memiliki tubuh terlalu kurus. Berat badan yang terlalu kurus juga bisa menyebabkan mudah sakit. Di bawah ini ada beberapa  resiko gangguan kesehatan pada orang yang memiliki badan kurus :

Menambah berat badan

Bahaya Tubuh Kurus

1.Tulang lemah

Tubuh manusia butuh kalsium agar tetap kuat dan tulang sehat. Orang berbadan kurus umumnya memiliki kepadatan tulang yang rendah sehingga rentan mengalami osteoporosis hingga mudah mengalami patah tulang. Walaupun osteoporosis sering dianggap sebagai penyakit orang tua, akan tetapi dengan BMI yang rendah juga menjadi salah satu penyebab penyakit ini. BMI merupakan ukuran untuk menilai tingkat proporsionalitas antara tinggi badan dengan berat seseorang.

Sangat di anjurkan bagi mereka yang kurus agar mencukupi vitamin D serta kalsium untuk meningkatkan kesehatan tulang.

2.Meningkatkan risiko penyakit Demensia
Demensia adalah satu istilah untuk menjelaskan terjadinya penurunan fungsional karena ada kelainan pada otak, seperti memori jangka pendek, pikiran, kemampuan seseorang dalam berbicara, serta kemampuan motorik.

Berdasarkan satu penelitian yang pernah diterbitkan oleh The Lancet Diabetes & Endrocrinology telah menemukan bahwa seseorang yang memiliki tubuh terlalu kurus 34 persen lebih lebih berisiko menderita Demensia jika di dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan sehat. Sementara buat orang yang berat badannya berlebihan, mengalami penurunan risiko terhadap gangguan kesehatan mental.

3.Masalah kesuburan
Masalah kesuburan juga kerap dialami oleh pria yang memiliki berat badan terlalu kurus. Berdasarkan dari penelitian yang pernah di lakukan pada tahun 2011 di Denmark mengungkapkan bahwa ada lebih dari 5000 orang  pria dengan BMI yang rendah lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan seksual, seperti masalah kesuburan serta disfungsi ereksi.

4.Anemia
Orang yang mengalami anemia adalah orang yang tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup, terutama zat besi. Zat besi adalah bahan penting untuk menciptakan hemoglobin, yaitui sel darah merah yang akan membantu transportasi oksigen ke seluruh anggota tubuh. Jika hemoglobin rendah maka bisa bikin kita cepat merasa lelah dan sangat susah untuk fokus.

Pada ahli menyarankan agar mengkonsumsi vitamin C serta makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti sayuran serta makan daging untuk membantu meningkatkan penyerapan di tubuh.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter