Cara Melancarkan ASI Buat Ibu Menyusui

Cara Melancarkan ASI Buat Ibu Menyusui – ASI merupakan sumber makanan paling baik untuk bayi. Pertumbuhan dan perkembangan bayi juga akan lebih maksimal jika bayi tercukupi akan kebutuhan ASI yang di peroleh dari ibunya. Fungsi ASI tidak hanya sebagai sumber makanan buat bayi melainkan juga dapat melindungi bayi dari bermacam macam penyakit. Hal ini karena Air Susu Ibu juga sebagai antibodi untuk darah si bayi.

Oleh karena pentingnya ASI buat bayi, maka supaya ASI bisa lancar dan melimpah, penting sekali bagi ibu menyusui mengkonsumsi berbagai macam makanan bergizi yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan jumlah produksi ASI nya. Selain karena faktor makanan, ada beberapa hal lain yang juga sangat penting agar produksi ASI meningkat dan lancar yaitu dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Cara Melancarkan ASI

1. Tingkatkan frekuensi menyusui
Supaya ASI ibu menyusui lancar, maka si Ibu harus meningkatkan frekuenasi menyusui paling tidak 3 jam sekali menyusui. Dengan cara ini dapat membantu untuk meningkatkan produksi ASI ibu menyusui.

2. Ada kontak fisik
Pada saat sedang menyusui, usahakan supaya si ibu selalu bersentuhan langsung dengan tubuh si bayi. Hal ini mampu merangsang pengeluaran susu dari payudara dan aliran susu bisa meningkat.

3. Tidak menggunakan botol susu
Untuk meningkatkan dan melancarkan ASI, usahakan untuk menyusui bayi secara langsung. Jika bayi meminum susu menggunakan botol, hal ini akan berdampak pada ikatan bayi dengan si ibu kurang begitu lekat.

4. Kurangi kesibukan
Pada saat masa menyusui, hal ini menjadi masa emas antara si ibu dan bayinya. Oleh karena itu, jangan terlalu sibuk dengan aktivitas yang terlalu berat. Pada saat kelelahan, si ibu bisa mengalami stres dan hal ini bisa menyebabkan menurunnya jumlah produksi ASI.

5. Menyusui di tempat tidur
Luangkan waktu terbaik Anda buat si kecil. Pada saat menyusui buatlah diri Anda dan buah hati Anda merasa rileks. Cara ini mampu meningkatkan hormon yang efeknya bisa meningkatkan produksi susu lebih banyak.

6. Jangan menunggu
Anda tidak harus menunggu waktu sampai produksi ASI menjadi penuh, karena payudara seorang ibu yang habis melahirkan akan selalu penuh dengan susu buat si bayi. Jumlah produksi ASI hanya  akan meningkat pada saat Anda menyusui bayi Anda. Di samping itu, kandungan lemak dan susu juga akan semakin tinggi apabila bayi Anda sering mengkonsumsi ASI.

 

CaraBaruku.Com © 2015 . counter