Tips Memakai High Heels Supaya Aman Nyaman Tidak Cedera

Tips Memakai High Heels Supaya Aman Nyaman Tidak Cedera – Untuk memberi kesan lebih tinggi dan juga untuk penampilan, wanita sering kali mengenakan high heels. Namun, jika mengenakan high heels secara terus menerus akan beresiko mengalami gangguan tulang pada wanita. Gangguan pada tulang karena keseringan memakai high heels ini telah terungkap pada hasil sebuah studi yang pernah dilakukan oleh para pakar yang berasal dari College of Podiatry, New York, Amerika Serikat.

Dari penelitian ini telah melibatkan sebanyak 2.000 orang responden dan 60 orang ahli bedah kaki dan hasilnya menunjukkan bahwa jika menggunakan sepatu hak tinggi bisa merusak jaringan lunak dan pada bagian permukaan sendi akan menjadi aus. Untuk jangka panjangnya, bisa menyebabkan radang sendi, terjadinya pergeseran sendi serta akan mengalami syaraf terjepit.

Tips Aman Nyaman Pakai High Heels

Selain itu, pada hasil studi lain yang dilakukan di Korea Selatan mengngkapkan, bahwa jika memakai high heels lebih dari tiga kali dalam seminggu bisa menyebabkan bagian otot kaki menjadi tidak seimbang secara permanen. Ketidakseimbangan pada otot kaki tersebut akan memicu terjadinya kecelakaan pada saat sedang berjalan yang bisa mengakibatkan tumit keseleo, struktur kaki bisa berubah, mengalami sakit punggung dan cara berjalan yang kurang tepat.

Beberapa bahaya yang mungkin bisa terjadi karena memakai high heels di antaranya adalah terpeleset, kaki tersandung, tumit keseleo, mengalami cedera tumit, mengalami kelainan bentuk pada telapak kaki, resiko gangguan sendi di pinggul dan lutut.

Untuk menghindari dan meminimalisasi hal yang tidak di inginkan dan supaya memakai high heels lebih aman, di bawah ini ada beberapa tips aman mengenakan high heels :

1. Pakai Sepatu dengan Hak yang ‘Sehat’
Tidak semua jenis dan model sepatu diciptakan sama, ada beberapa high heels yang memiliki hakĀ  lebih ‘sehat’ ketimbang yang lain. Sepatu dengan tinggi hak nya 4 cm dan tebal platform (sol yang ada di bagian depan sepatu) 1 cm, berarti total tingginya adalah 3 cm, sepatu ini jauh lebih baik daripada sepatu stiletto dengan tinggi 4 cm.

Jadi daripada memilih stiletto dengan hak tipis, lebih baik jika Anda berinvestasi sepatu dengan platform yang memiliki sol tambahan di bagian depannya. Dengan demikian maka beban dan tekanan pada kaki tidak terlalu berat. Anda juga bisa memilih sepatu yang haknya lebih lebar dan tebal supaya bisa menopang kaki serta menjadikan tubuh lebih baik.

2. KenakanSepatu Bergantian
Tidak di sarankan memakai high heels setiap hari karena bisa menyebabkan bagian otot pada betis menjadi pendek dan tegang. Maka tidak di sarankan bagi wanita memakai high heels setiap hari sepanjang waktu. Akan tetapi bukan berarti mengenakan flat juga aman sepenuhnya. Memakai sepatu datar terus menerus selama seminggu penuh juga berpotensi bisa merusak struktur kaki.

Mengenakan sepatu flat sepanjang waktu membuat kaki terbiasa pada posisi yang sama, dan bisa menyebabkan telapak kaki bisa menjadi datar sehingga kurang bagus juga untuk postur tubuh secara keseluruhan.

Ada baiknya jika secara bergantian dalam dalam seminggu memakai sepatu datar atau high heels. Misalnya satu hari memakai high heels, besoknya memakai sepatu dengan tinggi hak medium, besok lusa memakai wedges dan di hari lainnya memakai flat shoes. Dengan cara ini akan membuat kaki bisa beradaptasi dengan berbagai medan pada saat berpijak sehingga menurunkan risiko cedera.

3. Cara Berdiri
Anda juga bisa meniru cara Kendall Jenner supaya bisa bertahan dalam waktu lama saat berdiri dengan menggunakan high heels. Yaitu denganĀ  berdiri secara bergantian antara satu kaki dengan kaki lainnya.

Trik untuk cara ini adalah, ketika berdiri, jangan menopang tubuh menggunakan kedua kaki namun lakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri. Pada saat menopang menggunakan kaki kanan misalnya, berarti kaki kiri ‘beristirahat’ yaitu dengan sedikit menekuknya saat berdiri. Anda bisa melakukaannya secara bergantian dalam rentang beberapa waktu.

Tujuannya adalah supaya beban tubuh tidak hanya bertumpu pada persendian salah satu kaki saja. Cara ini untuk menghindari rasa sakit pada ujung jari kaki, terutama pada bagian jempol karena menahan beban.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter