Makanan Super Yang Bagus Untuk Ibu Menyusui

Makanan Super Yang Bagus Untuk Ibu Menyusui – Agar bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, anak bayi memerlukan nutrisi melalui makanan yang di konsumsi ibu nya. Sehingga sangat penting sekali bagi ibu ibu yang memiliki bayi memilih makanan yang bagus demi mencukupi kebutuhan makanan untuk buah hatinya. Ibu menyusui harus mengkonsumsi setidaknya antara 300 hingga 500 kalori atau lebih tiap hari sebagai tambahan.

Kalori ekstra yang di konsumsi ibu menyusui akan membantu pasokan air susu ibu (ASI) dan untuk mengisi energi. Saat tanda-tanda lapar sudah datang, jangan terlalu ketat membatasi makanan dengan alasan ingin menurunkan berat badan lebih cepat setelah melahirkan.

Makanan Super Untuk Ibu Menyusui

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Menyusui

“Saat Anda tidak mendapatkan cukup kalori, maka tubuh akan bergantung ke semuanya, terutama saat Anda sedang menyusui,” demikian kata Tamara S. Melton, seorang ahli diet dan ahli gizi Academy of Nutrition and Dietetics (AND)  seperti di kutip dari metrotvnews.com

Di bawah ini ada beberapa makanan super sehat yang baik di konsumsi untuk ibu menyusui :

1. Air
Tidak hanya makanan, minum air sepanjang hari juga sangat penting untuk pasokan ASI. Jika tubuh tidak cukup air, Anda juga akan mengalami dehidrasi dan rendah energi, terutama apabila Anda kurang istirahat. Jangan mengkhawatirkan jika terlalu banyak minum air atau hanya minum saat haus. Jenis minuman tanpa gula, minuman non-kafein, sup, buah-buahan dan sayur sayuran yang mengandung air juga bisa dikonsumsi.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon yang kaya akan kandungan protein, vitamin B12 dan asam lemak omega-3 juga baik di konsumsi oleh ibu menyusui. Berdasarkan hasil penelitian, dengan mengonsumsi ikan salmon mampu mencegah depresi pasca melahirkan (Postpartum depression/PPD). Ikan salmon juga salah satu sumber alami vitamin D– di mana banyak sekali wanita yang kekurangan vitamin D– demikian kata Rachel Dimulai, seorang ahli diet dan ahli gizi kuliner.

3. Biji-bijian
Biji-bijian yang ada dalam roti, havermut (oatmeal), pasta, serta nasi adalah sumber penting vitamin B, mineral, serta serat. Mengkonsumsi makanan berserat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bagus juga buat orang yang ingin menurunkan berat badan. Serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

4. Daging sapi
Ibu yang sedang menyusui mengalami peningkatan akan kebutuhan mineral seng (zinc), dan mengkonsumsi daging sapi merupakan cara yang bagus untuk memenuhinya. Daging sapi mengandung protein berlualitas tinggi dan sangat kaya akan kandungan vitamin B serta zat besi yang bisa mempertahankan energi tubuh ibu menyusui. Kalau memungkinkan, Anda bisa memilih daging sapi yang cara pemeliharaannya diberi makan rumput karena mengandung asam lemak omega-3 yang lebih banyak dan dapat dibesarkan tanpa antibiotik dan hormon. Baca cara memperbanyak ASI.

5. Telur
Telur merupakan pilihan yang praktis karena cepat, mudah dan serbaguna untuk di konsumsi atau bahkan untuk camilan. Telur kaya kandungan protein, choline, lutein, vitamin B12 , vitamin D, riboflavin, dan folat. Makan telur utuh agar memperoleh gizi maksimal. Di samping itu, dari penelitian juga menunjukkan kalau mengkonsumsi telur tidak akan meningkatkan kolesterol.

6. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan kandungan vitamin A, C, E, K, serta mineral, kalsium, serat dan antioksidan. Paling tidak mengkonsumsi satu porsi sayur sehari. Atau dengan menambahkannya ke sarapan telur dadar, campuran smoothie, atau di masak tumis.

7. Kacang-kacangan
“Seorang Ibu bisa mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan pada diet vegetarian namun mereka ingin memilih makanan yang tepat,” kata ahli gizi.

Jadi vegetarian ataupun tidak, mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber yang sangat baik dari vitamin, zat mineral, protein, kandungan serat,  fitokimia, antioksidan, lemak tak jenuh tunggal, serta lemak tak jenuh ganda. Mengkonsumsi kacang-kacangan tidak hanya baik untuk melindungi Anda dari penyakit jantung, namun juga anti-penuaan, serta dapat membantu Anda tetap merasa kenyang di antara waktu makan. Jangan khawatir makan kacang lentil atau tambahkan buncis ke salad kesukaan Anda. Jika ingin camilan, ambil segenggam kacang almond, kacang campur (trail mix), atau bisa juga buah apel dengan selai almond.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter