Dampak Buruk Penggunaan Pil KB

Dampak Buruk Penggunaan Pil KB – Pemakaian Pil KB buat ibu ibu yang sudah menikah merupakan salah satu cara untuk menunda kehamilan. Pemakaian pil KB juga sudah sangat umum bagi ibu ibu di Indonesia. Memilih pil KB sebagai alat kontrasepsi di anggap lebih aman karena pil KB paling minim resiko kesehatan. Tapi kenyataanya, penggunaan pil KB juga memiliki dampak buruk buat kesehatan perempuan. Hal ini jika pil KB di gunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Salah satu efek buruk dari pemakaian pil KB adalah terjadinya penggumpalan darah jika Anda memiliki kebiasaan buruk merokok dan punya tekanan darah tinggi. Selanjutnya, apa saja efek samping penggunaan pil KB yang akan di alami oleh wanita? Di bawah ini ada beberapa dampak buruk atau efek samping pil KB jika di gunakan dalam jangka panjang seperti carabaruku kutip dari merdeka.com :

Efek Samping Dan Dampak Buruk pil KB

Beberapa efek samping lainnya dari pemakaian pil KB.

  • Dari hasil beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan pil KB bisa meningkatkan risiko untuk wanita terkena kanker payudara, terutama bagi wanita yang usianya masih muda. Akan tetapi risiko kena kanker payudara akibat penggunaan pil KB ini akan menurun setelah berhenti mengkonsumsi pil KB.
  • Selain meningkatkan resiko terkena kanker payudara, wanita yang menggunakan pil KB juga terkena risiko penyakit kanker ovarium serta endometrium.
  • Wanita yang memakai kontrasepsi oral di katakan akan mengalami peningkatan risiko kanker serviks walaupun peningkatan risiko ini sebetulnye akan terjadi pada wanita yang aktif melakukan hubungan seksual dan sudah terinfeksi virus HPV.

Itulah beberapa dampak buruk dari penggunaan pil KB. Namun, di balik efek buruk tersebut, pil KB ternyata juga dapat membantu wanita dalam mempertahankan kesuburan dengan mengurangi risiko gangguan rahim. Dengan demikian, sebelum menggunakan pil KB, sangat penting sekali buat wanita agar berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Hal ini agar bisa di sesuaikan denganĀ  kondisi tubuh Anda.

 

CaraBaruku.Com © 2015 . counter