Cara Menghindari Kram Perut Saat Olahraga

Cara Menghindari Kram Perut Saat Olahraga – Kram perut bisa saja muncul saat sedang olahraga. Rasa nyeri yang menyiksa di bagian di sisi perut ini jelas bisa mengganggu aktivitas. Walaupun kram dan nyeri di perut saat beolahraga merupakan masalah yang umum dan bisa di alami oleh siapa saja termasuk atlet profesional sekalipun, dengan beberapa tips di bawah ini nyeri di perut bisa di atasi.

Agar terhindar dari nyeri perut karena kram, Dr Darren Morton dari Avondale College di Australia memiliki beberapa cara dan tips yang menurutnya mampu mencegah kram dan nyeri di perut. Ia juga mengaku kalau dulu saat dimasa mengawali karirnya sebagai seorang atlit juga sering mengalami kram dan dari apa yang dialaminya tersebut mendorongnya untuk melakukan banyak  penelitian.

Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga

Di bawah ini ada beberapa tips dan cara agar terhindar sakit di perut karena kram :

1. Minum Yang Cukup
Sebelum melakukan olahraga, minimal 12 jam sebelumnya disarankan untuk memenuhi kebutuhan air di tubuhnya. Kemudian dua jam sebelum berolahraga minum air lagi namun sedikit saja, yang penting agar agar tubuh tetap terhidrasi tetapi juga tidak membuat perut kembung.

Peran aiir sangat penting karena kram bisa disebabkan oleh membran perut yang teriritasi akibat gesekan. Untuk mencegah terjadinya gesekan sebetulnya membran terlindungi oleh cairan tubuh, akan tetapi saat dehidrasi tentunya cairan pelindung ini juga akan berkurang.

2. Jangan olahraga setelah makan
Morton memberi saran agar tidak makan dalam jumlah besar paling tidak dua jam sebelum melakukan olahraga. Kondisi perut yang kenyang dapat mendorong rongga meluas keluar dan hal ini akan berisiko membuat membran perut mengalami gesekan.

Pada mereka yang sering mengalami masalah kram perut Morton memberi saran agar lebih aman untuk tidak makan 4 jam sebelum olahraga.

3. Hindarilah minuman yang manis manis
Minuman kental dan manis seperti sirup atau jus buah akan membuat kadar cairan tubuh bisa berkurang. Kedua jenis minuman ini mempunyai kekentalan yang tinggi sekali sehingga bisa tubuh secara otomatis akan menarik cairan tubuh untuk mengencerkannya supaya mudah dicerna.

Morton mengatakan kalau hal ini akan membuat cairan pelindung yang berada di antara membran perut bisa berkurang.

4. Kuatkan otot perut
Memiliki otot perut yang kuat, terutama di bagian abdominal dikatakan oleh Morton bisa membantu menghindari nyeri perut. Dengan senam pilates dan latihan memakai bola untuk menjaga kestabilan di atas perut dapat dilakukan untuk melatih otot ini.

Dari penelitian juga menunjukkan ada beberapa bukti bahwa semakin bugar tubuh seseorang maka frekuensi mengalami kram akan berkurang. Alasan pasti mengapa hal ini bisa terjadi belum diketahui namun demikian seorang atlet yang fit sekalipun masih bisa terkena kram.

5. Perbaiki postur tubuh
Saat kram sudah terlanjur menyerang maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seseorang agar sakit akibat kram bisa cepat hilang. Dengan bernapas dalam-dalam, membungkuk ke arah depan, serta menekan area yang sakit dikatakan oleh Morton punya efek yang positif terhadap kram.

Dalam satu eksperimen di laboratorium kram perut biasanya berlangsung selama 45 detik hingga dua menit.

“Kami belum melakukan studi intervensi untuk melihat bagaimana mengubah postur tubuh memberikan perbedaan. Tapi kami punya laporan anekdot orang-orang melakukan hal ini dan ternyata membantu,” ujar Morton seperti di lansir dari detik.com .

CaraBaruku.Com © 2015 . counter