Penyakit Yang Harus Di Waspadai Ketika Sedang Mengalami Keputihan

Penyakit Yang Harus Di Waspadai Ketika Sedang Mengalami Keputihan – Keputihan bisa di alami oleh semua wanita dari segala usia. Keputihan juga berbeda dengan cairan yang keluar dari organ intim wanita secara alami. Cara membedakan cairan keputihan dengan cairan vagina yang normal adalah di lihat dari warna dan baunya.

Jika cairannya tidak mengeluarkan bau dan warnanya putih pucat atau tidak berwarna, itu merupakan cairan alami yang dikeluarkan oleh vagina untuk menjaga kesehatannya dan mikroorganisme yang merusak. Namun kalau cairannya berwarna kekuningan atau bahkan berwarna kehijauan, dan mengeluarkan bau tidak sedap, itu adalah gejala keputihan. ( baca ciri ciri keputihan berbahaya )

Penyakit Akibat Keputihan

Beberapa gejala lainnya yang muncul karena keputihan adalah rasa lelah, merasa nyeri pada perut, kepada terasa sakit, konstipasi, dan rasa gatal. Keputihan pada wanita bisa disebabkan oleh kontak seksual yang tidak terlindungi, kebersihan yang kurang terjaga, kecelakaan pada serviks atau pada sistem reproduksi, mengalami infeksi kandung kemih, diabetes, anemia, atau iritasi.

Keputihan pada wanita bisa disebabkan oleh infeksi dan alasan medis. Apabila wanita mengalami keputihan sebaiknya harus mewaspadai beberapa masalah organ reproduksi berikut ini, seperti di kutip dari merdeka.com :

1. Peradangan serviks
Mengalami peradangan serviks atau leher rahim (bisa disebut juga sebagai cervicitis) merupakan salah satu masalah pada organ reproduksi wanita yang bisa menyebabkan keputihan. Beberapa gejala lainnya yang mungkin muncul adalah sakit pada punggung bagian bawah. Biasanya hal ini disebabkan akibat peradangan yang dipicu karena penyakit menular seksual, adanya reaksi alergi terhadap alat kontrasepsi yang ditanam didalam rahim, atau akibat reaksi alergi karena penggunaan kondom dan pelumas yang digunakan saat sedang berhubungan seksual.

2. Infeksi jamur
Masalah keputihan yang di alami oleh wanita juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur di vagina. Hal ini biasanya dialami oleh wanita yang mengalami penyakit diabetes, hamil, akibat mengonsumsi antibiotik atau pil KB. Perubahan pH pada organ intim wanita bisa menyebabkan infeksi jamur. Selain itu, jamur juga bisa disebabkan oleh kebersihan yang kurang atau karena celana dalam yang terlalu lembab.

3. Trikomoniasis vagina
Trikomoniasis vagina merupakan salah satu penyakit menular yang terjadi pada organ intim wanita. Salah satu gejalanya adalah keluarnya cairan yang berwarna kekuningan dari vagina dan rasa gatal. Biasanya hal ini bisa terjadi 3 sampai 28 hari setelah infeksi terjadi.

Itulah 3 jenis penyakit yang harus diwaspadai oleh wanita saat mengalami keputihan yang tak biasa dan di anjurkan untuk segera periksakan diri ke dokter. Keputihan dan penyakit seperti yang ada di atas dapat dicegah dengan menjaga kebersihan pada organ kewanitaan dan melakukan hubungan intim yang aman.

CaraBaruku.Com © 2015 . counter