Menu

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid Atau Menstruasi



Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid Atau Menstruasi – Haid atau menstruasi yang di alami oleh wanita kadang menimbulkan rasa sakit. Rasa nyeri saat menstruasi ini biasanya dialami oleh wanita di hari awal haid hingga hari kedua datang bulan. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor. Seperti karena kontraksi akibat reaksi dari haid itu sendiri atau bisa juga karena adanya gejala penyakit.

Rasa nyeri atau kram yang ada di sekitar perut saat wanita sedang haid sudah pasti menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Bahkan untuk sebagian wanita, sakit saat datang bulan juga bisa menyebabkan aktivitas terganggu karena dengan sedikit bergerak saja sakitnya sudah terasa.

Cara Mengurangi Sakit Saat Haid

Bagaimana solusi cara mengatasi nyeri saat menstruasi agar aktivitas tidak terganggu? Berikut ini ada beberapa tips dari dokter spesialis kandungan Kolonel Dr. Frits Max Rumintjap, SpOG(K) cara mengurangi rasa sakit saat menstruasi seperti yang ada di bawah ini :

1. Minum Analgesik
Buat Anda yang merasakan sakit saat menstruasi, Dr. Frits menyarankan agar minum obat pereda sakit. Obat pereda sakit saat haid ini bisa berupa pil atau kapsul yang mengandung analgesik. Namun obat ini lebih baik diminum hanya ketika rasa sakit sudah tidak tertahankan. Apabila tetap ada keluhan lain yang mengganggu, dokter Ob/gyn Dr. Prima Progestrian, SpOG menyarankan agar segera memerisakannya ke dokter.

Anti nyeri boleh saja. Namun kalau ada keluhan lebih baik diperiksakan saja langsung karena mungkin ada infeksi atau penyakit,” ujar Dr. Prima seperti di kutip dari detik.com

2. Aktivitas Fisik
Kalau tidak ingin merasakan nyeri dan minum obat, dokter Prima telah menganjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Melakukan olahraga sangat baik sekali untuk tubuh dan dapat memperbaiki siklus menstruasi Anda walaupun tidak secara langsung. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan nyeri haid yaitu jalan cepat, jogging, yoga dan aerobik.

“Melakukan olahraga sebenarnya tidak berpengaruh secara langsung. Jadi misalnya digunakan untuk sering gerak sering olahraga, tubuh jadi lebih sehat. Jarang melakukan olahraga hormonnya mungkin jadi nggak seimbang. Hormon endorfin, glutamin, serotonin jadi baik karena melakukan olahraga. Jadi kalau hormon stresnya bagus, ya dia jadi nggak sakit,” ujar pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

3. Kompres Air Hangat
Mengkompres dengan air hangat memang tidak bisa sepenuhnya menghilangkan rasa nyeri, tapi paling tidak membuat perut terasa lebih nyaman sekaligus dapat mengurangi rasa sakitnya. Anda bisa menggunakan botol plastik atau menggunakan kantung khusus air panas, lalu tuangkan air hangat atau panas ke dalamnya dan tempelkan di perut sambil sedikit ditekan ringan. Cara lain adalah dengan menggunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air panas, kemudian peras dan taruh di atas perut. Selanjutnya diamkan selama beberapa menit.

4. Konsumsi Vitamin
Mengkonsumsi vitamin E yang di peroleh dari buah alpukat atau kuning telur bisa membantu meredakan gejala PMS sekaligus mengurangi rasa nyeri saat haid. Vitamin C dan zinc juga dapat menjaga kesehatan sel telur dan sistem reproduksi wanita.

 



Related For Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid Atau Menstruasi

Cara Tahan Lama

obat tahan lama hubungan intim

FP Di Facebook