Faktor Penyebab Kanker Payudara

Faktor Penyebab Kanker Payudara – Di antara beberapa penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian pada wanita adalah kanker mulut rahim dan kanker payudara. Kedua penyakit ini merupakan penyebab kematian tertinggi yang banyak di alami kaum wanita. Bahkan, hingga kini jumlah wanita yang mengalami kedua penyakit mematikan ini terus saja bertambah. Agar terhindari dari penyakit ini, maka sangat perlu sekali mengetahu apa saja yang menjadi faktor penyebabnya sehingga apabila ada gejala gejala tertentu yang terjadi pada tubuh harus segera di waspadai dan dapat di cegah.

Untuk data orang orang yang terkena kanker Payudara ternyata sungguh sangat menyedihkan, dan tidak sedikit dari masyarakat Indonesia baik yang laki laki atau perempuan yang terkena penyakit ini. “Setiap tahunnya paling tidak ada sekitar seratus ribuan orang yang terkena kanker payudara,” demikian pernyataan Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi di sela-sela kampanye deteksi dini kanker payudara “Jakarta Goes Pink” di Balai Kota DKI Jakarta pada hari Minggu 12 oktober kemarin.

Faktor Penyebab Kanker Payudara
Menurut Mboi ada beberapa hal yang bisa menyebabkan faktor risiko terjadinya kanker payudara, di antaranya adalah :

1. Karena Merokok
Tingkat resiko terkena kanker payudara akan semakin tinggi bagi para perokok. Hal ini tidak hanya berlaku bagi perokok aktif saja melainkan juga bagi mereka mereka yang perokok pasif.  “Walaupun tidak merokok namun kalau sering menghirup asap rokok dari orang yang merokok bisa menyeebabkan kanker,” terang Mboi.

2. Pola Makan
“Perilaku makan yang tak baik seperti menjalani diet yang tidak seimbang dan kurang serat juga bisa sebabkan hadirnya kanker,” jelas Mboi lagi.

3. Karena Polusi Udara
Jangan di anggap enteng udara kotor yang ada di sekitar kita, karena hal ini juga sangat berpengaruh terhadap munculnya kanker lain tak hanya kanker payudara.

4. Ibu Tak Menyusui
“Kanker payudara juga berisiko di alami oleh ibu-ibu yang tidak pernah menyusui anaknya,” ucap Mboi. Selain itu, bagi perempuan yang melahirkan anaknya saat usianya sudah lebih dari 35 tahun juga akan berpotensi terkena penyakit kanker payudara.

Apabila hal hal yang ada di atas bisa dihindari atau tidak melakukan hal hal yang akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya ini maka jumlah orang yang kena kanker payudara bisa menurun.

Lebih lanjut Mboi juga memberi catatan, agar membiasakan diri melakukan upaya pemeriksaan payudara sendiri paling tidak sebulan sekali.

“Walaupun bukan seorang perokok tapi kalau orang-orang di sekitar kita merokok, atau walaupun sudah merasa Makan Sehat tapi Anda tidak tahu kan bahwa bisa saja di dalam makanan tersebut juga ada racun-racun yang berbahaya untuk tubuh,” terang Mboi.

“Begitu muncul benjolan kecil, langsung tes apakah itu ganas atau tidak. Kalau masih kecil Insya Allah bisa disembuhkan,” tandas perempuan berusia 74 tahun ini.

 

CaraBaruku.Com © 2015 . counter