Cara Membedakan Batik Tulis Dengan Batik Printing ( Batik Cetak )

Cara Membedakan Batik Tulis Dengan Batik Printing ( Batik Cetak ) – Produk batik di Indonesia sudah ada sejak dulu. Batik sebagai hasil karya Indonesia keberadaannya kini telah di akui sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia. Bermacam macam produk batik mulai dari kain hingga baju bermotif batik juga tidak sulit di cari di berbagai toko baju atau mall. Secara pembuatannya batik ada yang di lukis dengan tangan atau biasa di sebut batik tulis ada juga yang proses pembuatannya melalui cap atau batik printing.

Dan sekarang ini batik makin banyak di sukai oleh hampir semua kalangan. Banyak model model baju bermotif batik yang tradisional hingga modern. Mengenakan batik tidak sebatas pada acara formal melainkan untuk berbagai kesempatan juga cocok dengan batik.  Kalau Anda bukan pengamat batik, mungkin tidak terlalu mempedulikan apakah batik yang Anda miliki merupakan batik tulis atau batik cap. Yang penting bagus berkualitas dan harga murah 😛
Cara Membedakan Batik Tulis Dengan Batik Printing ?
Cara Membedakan Batik Tulis Dengan Batik Printing ( Batik Cetak )
Sedangkan buat pencinta batik yang paham dengan batik, tentunya mereka perlu tahu apakah batik yang akan di belinya termasuk batik asli ( batik tulis tangan ) atau batik hasil printing ( batik cap ) Bagaimana membedakan antara batik tulis dengan batik yang di produksi dengan mesin atau batik cap?
Di bawah ini cara bedakan antara batik tulis ( batik asli ) dan batilk cetak:
1. Lihat Pada Warna Batiknya
Batik asli yang proses pembuatannya dengan tangan memiliki warna yang natural, sementara batik produk tekstil warnanya cenderung warna sintetik, terlihat tampak buram dan tidak alami. Kalau di lihat dari proses pembuatannya, batik asli memang kadang terlihat tidak beraturan karena dengan menggunakan tangan. Sedangkan batik yang di buat melalui mesin motifnya akan terlihat lebih rapi. Buat pecinta batik hal ini akan mengurangi nilai seni dari batik itu sendiri.
2. Lihat Pada Teksturnya Batiknya
Buat pecinta batik akan tahu bagaimana membedakan batik tulis dengan batik cetak. Kalau batik asli di pegang, tekstur kainnya terasa lembut dan mudah jatuh, sementara kalau batik printing dipegang kainnya agak kaku dan teksturnya terasa kasar.
Sifat pewarna dari batik cap hanya menempel pada lapisan luar saja, tidak seperti batik asli yang warnanya mampu meresap pada lapisan dalam kain.
3. Bedakan Daru Aromanya
Batik tulis beraroma khas seperti bau lilin. Sementara untuk batik produksi tekstil akan mengeluarkan bau minyak yang kuat. Pada batik tulis, antara motif dan warna tempak hampir sama dengan sisi luarnya. Kalau batik tekstil, antara motif dan warna sisi dalam terlihat berbeda jauh dengan sisi luarnya.
4. Harga Batik
Proses pembuatan batik juga turut mempengaruhi harga. Batik asli atau batik tulis yang proses pembuatannya dengan cara tradisional butuh waktu lama dan ketelitian sehingga soal harga juga lebih mahal. Sedangkan batik produk cap karena membuatnya dengan mesin juga bisa di produksi secara banyak dengan waktu yang cepat.
Demikian tips cara membedakan batik tulis dengan batik cap atau batik printing sebagai panduan ketika akan membeli batik.
CaraBaruku.Com © 2015 . counter